Objek Wisata Di Badung

Badung

Badung merupakan daerah tengah dari Pulau Bali yang beribukota Mangapura, Mengwi. Di Kabupaten Badung juga banyak objek wisata yang dapat dikunjungi, aneka ragam tempat wisata berada di daerah ini. Sebagian besar penduduknya bekerja di bidang Pariwisata, karena terdapat banyak tempat wisata yang terkenal di pulau Bali dan juga populer hingga ke luar negeri seperti Kuta, Legian, Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pura Uluwatu, Pura Taman Ayun, Sangeh, Tanjung Benoa , Water Boom Park,  Monumen Bom Bali(legian), dan lain-lainnya.

 Di daerah ini banyak memiliki objek wisata pantai seperti Pantai Kuta yang sangat terkenal dan menjadi icon wisata pulau Bali.  Pantai terkenal lainnya yaitu Pantai Nusa Dua, Pantai Dreamland, Pantai Jimbaran, Pantai seminyak, Pantai Padang-padang, Pantai Cangu, oleh karena itu aktifitas populer yang dilakukan yaitu Surfing, Diving, Water Sport seperti Banana Boat, Jet Ski, Sea Walker, Berjemur dan lain-lain. Petualangan wisata menarik lainnya yang harus anda coba dan jangan sampai terlewatkan seperti Rafting, River Tubing, Safari Kuda, Sling Shot, dan banyak lagi yang akan anda jumpai bila berlibur di sini.

Bagian utara daerah ini merupakan daerah pegunungan yang berudara sejuk, berbatasan dengan kabupaten Buleleng, sedangkan di bagian selatan merupakan dataran rendah dengan pantai berpasir putih dan berbatasan langsung dengan Samudra Indonesia. Bagian tengah merupakan daerah persawahan dengan pemandangan yang asri dan indah, berbatasan dengan Kabupaten Gianyar dan kota Denpasar disebelah Timur, sedangkan di sebelah Barat berbatasan dengan kabupaten Tabanan.

Kuta

kuta wisata pulau bali
Kuta merupakan daerah wisata yang padat di kunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara.
Kuta merupakan tempat yang baik untuk menyaksikan saat-saat matahari terbenam. Selain terkenal dengan pantai dan sunset, Kuta juga terkenal sebagai pusat hiburan malam di Bali. Kawasan ini terletak di tepi pantai yang terkenal yaitu Pantai Kuta, pantai ini cukup terkenal di seluruh dunia, khususnya wisatawan penggemar olahraga Surfing / selancar, dikarenakan ombak yang sempurna untuk berselancar. Tepat di jantung kuta terdapat lokasi wisata yang cocok untuk seluruh keluarga yang tak kalah menariknya yaitu Waterbom Bali.

pada era 1980an Kuta pernah terkenal sebagai "popular stop on the classic bacpacking route in South East Asia". Para backpacker selalu menyandingkan Kuta dengan Katmandu di Nepal dan Khao San Road di Bangkok dengan sebutan "the three Ks". Sekarang pun Kuta tetap menjadi magnet bagi para backpackers dan juga wisatawan dari seluruh dunia, terutama bagi para wisatawan muda dari Australia. Di Kuta banyak pilihan akomodasi dari losmen murah yang sangat cocok untuk backpacker.

Sebagai tujuan wisata yang sangat terkenal, Kuta memiliki fasilitas akomodasi yang lengkap dan hotel bintang mewah yang sempurna bagi yang ingin merasakan "the luxury of Bali". Di daerah ini Anda akan dengan mudah menemukan penginapan dari hotel bintang lima, wisma, sampai pondok, pertokoan, restoran, tempat permandian serta lokasi berjemur. Beberapa hotel yang terkenal dekat pantai Kuta yaitu Bali Dynasty Resort, Discovery Kartika Plaza Hotel, Santika Beach Premiere Hotel.

Walau dengan budget terbatas, kita tetap dapat menikmati wisata ke pulau Bali. Hotel murah di Kuta bisa anda temukan di jalan Popies I dan Poppies II bisa menjadi pilihan yang tepat untuk tinggal. Disana terdapat banyak hotel-hotel yang relatif murah, bersih dengan fasilitas yang cukup memadai dan letaknya pun dekat dengan pantai. Bila ingin berbelanja, bisa kita temui butik-butik maupun toko oleh-oleh di sepanjang jalan. Terdapat pula surfwear/sportswear store di Jalan Melasti yang menjual merk terkenal seperti Volcom, Rip Curl, Rusty, Surfer Girl, Billabong, dan Quicksilver dengan harga lebih murah 30% - 50% dibanding tempat lain. Kawasan ini juga terdapat Balinesse Tatto di Jalan Poppies II, studio tato dengan seniman-seniman berpengalaman yang akan menato badan kita.

Selain keindahan pantainya, pantai Kuta juga menawarkan berbagai macam jenis hiburan lain misalnya bar dan restoran di sepanjang pantai menuju pantai Legian. Anda dapat dengan mudah menemukan tempat-tempat hiburan seperti kafe, bar, pub, diskotik, ataupun karaoke. Bagi penggemar "Night Life", Kuta merupakan pilihan tepat. Sepanjang jalan di kawasan ini bisa kita temui bar dan klab malam yang selalu dipenuhi para penggila pesta. Bagus Pub, Rosovivo, Twice Bar, Ocean Beach Club, Kamasutra, adalah beberapa club paling ramai di sepanjang pantai Kuta. Hardrock Cafe yang sangat terkenal juga ada di Kuta, terletak tepat di depan Pantai Kuta.

Supaya tidak terjebak macet, lebih baik menggunakan sepeda motor atau sepeda untuk menjelajahi kawasan Kuta. Banyak terdapat rental kendaraan di kawasan ini yang bisa kita sewa per hari, kita bisa lebih leluasa menjelajahi kawasan ini sepuasnya. Bila menggunakan mobil pribadi, ada baiknya untuk parkir di dekat Jalan Poppies II. Hanya berjalan sebentar, kita bisa merasakan jalanan Kuta yang ramai sekaligus terhindar dari macet.

Waterbom Bali

wisata pulau bali
Ingin ke tempat liburan yang paling seru buat keluarga, anak-anak, tua muda di Bali? Ingin berenang dan berjemur atau bersantai di kolam? Mau mencoba wahana permainan  air yang menantang dan seru di Bali? Semua cuma ada di Waterbom Kuta-Bali, yang berada di jantung Kuta tepatnya di jalan Kartika Plaza. Waterbom Bali mudah dicapai bahkan hanya dengan berjalan kaki dari Pantai Kuta. Apabila Anda dari Bandara Ngurah Rai, jarak tempuh ke Waterbom Bali hanya sekira 2 km. Dari Pantai Tuban, Waterbom Bali hanya berjarak sekira 900 meter. Dari Pantai Legian, jarak ke Waterbom Bali mencapai 3 kilometer saja. Waterbom Bali juga berdekatan dengan Hardrock CafĂ© Bali dan sejumlah fasilitas lainnya.

Ada banyak jenis wahana dan juga permainan di sini dengan sejumlah fasilitas yang akan memanjakan Anda. Di dalamnya terdapat Kolam renang , berbagai wahana permainan air yang menantang,  taman tropis yang ditata dengan asri yang sangat digemari untuk tempat rekreasi keluarga baik oleh wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal. Waterboom dibuka setiap hari mulai pukul 9.00 pagi hingga pukul 6 petang, dengan areal seluas 3,8 hektar mampu menampung pengunjung sampai 1000 orang. Sejumlah permainan dan wahana air yang menguji adrenalin seperti race track, pleasure pool, lazy river, raft river, boogie ride, smash down, boomerang, super bowl,  dan jungle rides sudah menanti dan siap untuk diarungi. Permainan atau wahana air ini aman dan cocok semua anggota keluarga. Setiap wahana menggunakan sistem keamanan berstandard internasional dan diawasi oleh sejumlah petugas yang berpengalaman.

Ada beberapa wahana paling populer di Waterbom Bali yang dapat menguji nyali dan memompa adrenalin Anda. Salah satu wahana yang paling menantang keberanian adalah Climax. Wahana ini mengajak Anda untuk masuk ke sebuah ruang kecil di ketinggian sekira 19 meter di atas tanah. Bersiaplah karena Anda tidak tahu kapan pintu ruang kecil dibawah kaki Anda tersebut akan terbuka dan melontarkan tubuh Anda ke sebuah saluran berbentuk pipa raksasa dengan lintasan menurun dan berkelok. Di wahana ini yang menantang adalah kecepatan lontar yang dapat mendorong Anda sehingga menjadi ujian bagi keberanian yang tentunya memompa adrenalin.

Superbowl adalah wahana lain yang jalur lintasnya berupa pipa tertutup dan akan berujung pada sebuah mangkuk raksasa sebelum Anda diantar ke kolam renang yang nyaman. Boomerang akan mengantarkan Anda pada lintasan naik dan turun yang curam dari ketinggian 20 meter. Bagi Anda yang gila akan kecepatan, Smashdown yang kemiringan jalur lintasannya sekira 60 derajat akan memberikan pengalaman menegangkan saat melintasi jalur tersebut dengan kecepatan sekira 70 km/jam. Macaroni adalah wahana air yang membawa Anda melintasi jalur berputar di pipa tertutup yang menyuguhkan ketegangan tersendiri. Jungle rides adalah wahana air yang akan mengajak Anda melintasi jalur terbuka dinaungi oleh teduhnya pohon-pohon tropis.

Bagi anak-anak, terdapat wahana Funtastic yang didesain aman untuk anak-anak dan diawasi dengan ketat oleh petugas. Bagi Anda yang enggan menjajal permainan atau wahana yang memompa adrenalin, jangan khawatir. Terdapat banyak pilihan tempat untuk berenang atau sekedar duduk di pelampung sambil mengarungi sungai berarus tenang. Lazy river adalah tempat yang tepat bahkan bagi Anda yang ingin menenangkan diri setelah menikmati wahana ekstrem yang mengguncang keberanian dan jantung yang telah dibahas sebelumnya. Water blaster adalah permainan perang dimana balon air adalah senjatanya, permainan ini cukup menyenangkan.

Waterbom Bali yang mulai beroperasi sejak Desember 1993 dan telah mendapatkan sejumlah penghargaan. Diantaranya adalah EarthCheck Silver Certified  tahun 2011. Penghargaan tersebut biasanya diberikan kepada perusahaan atau sebuah organisasi yang telah melewati sejumlah uji kelayakan meliputi 14 indikator yang berkaitan dengan sistem keamanan lingkungan. Selain itu, Waterbom Bali juga mengantungi Tri Hita Karana setiap tahunnya sejak periode 2001-2002 hingga 2011 secara berturut-turut. Tri Hita Karana dianugerahkan setiap tahunnya kepada badan atau lembaga yang memiliki peran penting terhadap industri pariwisata di Pulau Bali. The Best Waterpark 2011 juga berhasil didapatkan oleh Waterbom Bali dari World Waterpark Association.

Di dalam lokasi  ini tersedia fasilitas berupa restaurant/ food court internasional, ruang ganti pakaian, petugas penyelamat, lapangan volley pantai, toko souvenir dan arena bermain bagi anak-anak. sejumlah restoran, hot spot, gazebo, retail shop, pool bar, spa, dan lain-lain sebagai sebagai tempat beristirahat setelah lelah menjajal berbagai wahana atraksi.

Beberapa fasilitas akomodasi dari sekian banyak hotel yang dapat Anda pilih di sekitaran Pantai Kuta yaitu
The Royal Eighteen Resort and Spa, Alam Kulkul Boutique Resort, Ramayana Resort & Spa, The Radiant Hotel and Spa, Best Western Resort Kuta, Harris Resort Kuta Beach, Adhi Jaya Hotel, Dewi Sri Hotel, dll.

Pantai Kuta - Lokasi Surfing Dan Panorama Romantis Sunset

kuta beach bali island
Pantai Kuta adalah salah satu icon wisata di Pulau Bali, pantai yang lebar berpasir putih bersih dengan ombaknya yang hampir sempurna untuk tempat berselancar, merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan, sehingga ada ungkapan yang mengatakan: "Datang ke Bali tanpa mengunjungi Kuta belumlah melihat Bali". Di kala senja di saat surya mulai terbenam, Kuta menjelma menyajikan pemandangan sunset yang sangat indah dan romantis. Sambil menikmati hembusan udara sejuk menyegarkan, Kuta sering dipakai tempat berolah raga sore yang mengasyikkan. Kuta atau pantai Kuta menjadi salah satu daftar objek wisata paling terkenal di Bali.

Pantai kuta terletak di Kuta, kabupaten Badung, tepatnya di selatan Denpasar. Pantai Kuta Bali sudah terkenal sampai ke mancanegara, pantai Kuta menjadi tempat pertemuan bagi wisatawan dari seluruh dunia termasuk juga wisatawan lokal. Keindahan pantai kuta sudah ada sejak tahun 70-an, pantai Kuta sering disebut dengan pantai matahari terbenam, karena akan menampilkan pesona yang luar biasa ketika sore dan malam hari. Keindahannya yang luar biasa inilah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Bali.

Kawasan pantai Kuta terdapat fasilitas lengkap sesuai kebutuhan wisatawan seperti berbagai penginapan,  hotel dan restoran bertaraf internasional, juga pusat-pusat perbelanjaan, tempat rekreasi, kehidupan malam begitu semarak. Jika anda berjunjung ke sana, anda akan jumpai bar dan club mewah di sepanjang pantai, tempat yang asyik untuk berkumpul, menikmati udara pantai yang segar dan merupakan tempat yang tepat untuk berlibur. Pantai kuta memiliki cuaca yang panas, cocok untuk wisatawan mancanegara yang ingin berjemur di bibir pantai, jadi bagi anda yang ingin pergi ke bali khususnya pantai kuta sebaiknya menyiapkan sun block agar kulit tidak menjadi gelap.

Di samping keindahan suasana pantainya yang mempesona, Anda juga bisa menikmati berbagai atraksi permainan yang disajikan di sekitar area pantai, diantaranya adalah atraksi bungy jumping, slingshot, atau ke wahana permainan keluarga seperti waterboom Bali. Berbagai atraksi tersebut tentunya menjadi hiburan yang cukup bisa menambah keasyikan Anda menikmati suasana pantai Kuta Bali.

Yang istimewa dari pantai kuta adalah terdapat habitat penyu, banyak orang yang tidak tahu akan hal ini, dahulu pantai kuta adalah tempat hidup hewan penyu, namun karena skarang diambang kepunahan, sehingga di kuta terdapat pemeliharaan peny, hewan ini sangat dilindungi dengan Peraturan Pemerintah

Pantai Kuta biasanya ramai dengan wisatawan selama musim liburan, yakni bulan Juli – Agustus dan bulan Desember – Januari. Pastikan Anda telah memesan hotel jauh – jauh hari sebelumnya ketika Anda ingin mengunjungi Kuta dalam bulan tersebut.

Setelah lelah dalam beraktifitas berselancar, berjemur, atau hanya menonton matahari terbenam, Anda dapat mencoba untuk berkeliling dengan berjalan kaki di sekitar pantai. Bagi yang suka berbelanja, tersedia banyak toko-toko souvenir di daerah Kuta yang menjual kerajinan tangan dengan berbagai bahan dan bentuk seperti cincin, anting-anting dan berbagai pernak-pernik unik, aksesoris dan beragam pakaian, seperti celana/baju pantai, kain pantai yang dengan motif-motif yang menarik dengan harga yang terjangkau. Juga tersedia supermarket, warung makan, dan restoran yang menyajikan berbagai masakan dengan berbagai cita rasa.

Legian

wisata pulau bali indonesia
Legian awalnya adalah sebuah desa agraris yang terletak di kecamatan Kuta, Badung, Bali Indonesia. Meski letaknya di tepi pantai, sebagian besar warganya hidup dari bertani. Hanya sebagian kecil warga Legian berprofesi sebagai nelayan. Arus kunjungan wisatawan dari hari ke hari terus meningkat yang sekaligus mengundang penduduk luar daerah datang ke Bali ikut membangun fasilitas pariwisata di lokasi-lokasi pariwisata Bali. Begitu kunjungan ke kawasan wisata Kuta semakin membludak, luberan pengunjung dari Kuta mengarah ke Legian dan Seminyak yang letaknya bersebelahan. Dua desa tersebut pun turut berbenah dan menyediakan berbagai fasilitas untuk pelancong.

Wisata pantai satu satunya di Legian ialah Pantai Legian dengan ombak yang bisa mencapai ketinggian 3 meter sehingga bagus untuk berselancar. Legian punya peselancar yang sudah mendunia yaitu Nengah Kasim yang sekarang menjadi Pemangku / pemimpin Sembahyang di Pura Puseh.

Jalan Legian merupakan salah satu daerah pusat wisata di Kuta Bali. Jalan ini menjadi jalan utama ke pantai Kuta dan Waterbom Park, sehingga Anda akan menemui banyak wisatawan asing di jalan ini. Panjang jalan Legian adalah sekitar 1 Km, yang membentang dari barat ke timur, dari kawasan Legian sampai pertigaan menuju pantai Kuta. Ketika memasuki jalan ini, untuk sesaat, kesan tradisional Bali akan hilang, pengunjung akan menemukan daerah modern Bali. Konsep jalan ini lebih berorientasi ke dunia barat, pengunjung akan merasa seperti di luar negeri. Kompleks pertokoan, hotel, hiruk-pikuknya kehidupan malam identik dengan jalan Legian Bali.

Legian Bali adalah surga bagi mereka yang suka berbelanja. Pertokoan menjadi daya tarik utama di jalan ini yang selalu memanjakan para wisatawan. Hampir semua jenis barang ada di sini, Anda akan menjumpai berbagai macam toko, dari toko-toko seni tradisional, toko aksesoris, toko makanan atau mini market, sampai butik pakaian dengan merek-merek terkenal seperti Billabong atau Rip Curl. Barang yang dijual mulai dari pakaian, jam tangan, tas, serta pernak-pernik yang unik untuk souvenir khas Bali. Jenis pakaian yang dijual juga berbagai macam, mulai dari kaos Bali, kemeja, celana jeans, sampai kain tenun Bali. Bahkan ada sebuah toko yang menjual pakaian surfing khusus wanita yang terkenal di jalan Legian dan hanya satu-satunya di Bali, yaitu toko Surfergirl. Jadi jika pengunjung tidak memiliki waktu untuk berbelanja di pasar Sukawati  atau Tanah Lot Bali, mereka dapat membeli souvenir di jalan ini. Tetapi, tentunya harga barang di jalan Legian lebih mahal daripada di pasar suvenir Kumbasari Denpasar misalnya.

Kawasan wisata Legian Bali juga identik dengan pesta dan kehidupan malam Bali. Berbagai tempat hiburan malam seperti bar, pub, atau klub malam banyak terdapat di jalan ini. Beberapa tempat kehidupan malam di jalan Legian yang terkenal yaitu Bounty Discotheque, Espresso Bar, the E’s Style Cafe & Bar, M-Bargo, Bounty Pub, Sky Garden, atau Vi Ai Pi. Kehidupan malam di daerah ini selalu menjadi daya tarik bagi orang yang berkunjung di daerah ini. Banyak tourist asing yang mengunjungi bar ataupun cafe tersebut, dengan tempat yang terbuka para pelayan menawarkan berbagai menu yang menemani waktu santai kepada setiap tourist sambil menikmati suasana Legian yang semarak. Para tourist asing menganggap didaerah Legian adalah tempat hiburan yang lumayan murah. Namun bagi wisatawan lokal harga di daerah ini terbilang cukup mahal.

Anda akan banyak menjumpai fasilitas akomodasi yang tersebar di sekitar Legian. Mulai dari hotel kecil seperti Tanaya Hotel, hingga hotel berbintang. Beberapa akomodasi terkenal di Legian yaitu Padma Resort, Bali Mandira Beach Resort, Bali Niksoma Hotels, The 101 Legian, dan Ramada Resort Camakila. Akomodasi di Legian adalah pilihan yang sangat tepat, terutama bagi wisatawan yang mencintai pantai karena terletak sangat dekat dengan pantai Kuta.

Pantai seminyak

Tidak jauh dari pantai Legian terdapat pantai Seminyak (beberapa orang menyebutnya Pantai Dhyanapura)terletak kawasan desa Seminyak kecamatan Kuta kabupaten Badung. Pantai ini memiliki pasir yang sangat lembut dan landai. Pantai Seminyak terletak di garis pantai yang sama dengan pantai kuta. Dari Kuta, Legian dan Seminyak dapat kalian jangkau dengan berjalan kaki. Akomodasi di pantai ini sangat mudah, karena fasilitas di pantai ini bisa dikatakan sama seperti di pantai Kuta. Di sepanjang pantai berderet hotel, vila, restoran, bar, dan kafe yang setiap harinya cukup ramai pengunjung. Karena banyak wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal yang datang. 

Pantai ini terletak di sebelah utara pantai Kuta. Atmosfernya hampir sama dengan pantai Kuta, bedanya karena lokasinya agak jauh dari pusat keramaian Kuta, pengunjung pantai Legian dan Seminyak tidak sebanyak pantai Kuta. Namun justru di sinilah kelebihannya! Suasana yang tak sehiruk-pikuk Kuta membuat kamu dapat lebih tenang menikmati liburan.

Di pantai ini, kamu juga bisa melakukan aktivitas yang biasa dilakukan di pantai Kuta. Berenang, sunbathing di pasirnya yang putih, surfing, bermain bola di pesisir pantai, juga menikmati panorama saat matahari terbenam. Kita bisa mencoba Bungy Jumping yakni meloncat bebas dari menara setinggi 45 meter, sebuah wahana atraksi wisata yang cukup memacu adrenalin. Pengaman yang digunakan saat kamu meloncat adalah seutas tali khusus yang diikatkan pada pergelangan kaki.

Tempat wahana Bungy Jumping yaitu di AJ Hawckett yang terletak di pinggir pantai Seminyak, persis di sebelah Club Double Six. Ada tiga pilihan waktu untuk melompat, yakni siang, sore dan malam hari. Melompat di siang atau sore hari, kamu sama-sama dapat menikmati pemandangan indah sepanjang pesisir pantai Kuta-Legian-Seminyak. Jika kamu ingin mendapatkan foto dirimu saat melayang dengan latar belakang langit biru, melompatlah di siang hari. Jika ingin berlatar belakang langit kemerahan, melompatlah menjelang matahari terbenam.

Jika Anda ingin tinggal di sekitar Seminyak, Anda dapat memilih hotel seperti The Seminyak Beach Resort & Spa, The Legian Bali Hotel, Ahimsa Estate.

Pantai Cangu

wisata pantai bali
Diantara sekian banyak pantai ternama di Bali, Pantai Canggu adalah salah satunya yang patut dikunjungi dan tidak kalah cantik dan menarik dibanding pantai lainnya di Pulau Dewata. Pantai Canggu berada di Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung. Pantai dengan ciri hamparan pasir berwarna hitam ini letaknya tidak jauh dari Pantai Legian atau sebelah Utara Pantai Kuta. Daya tarik pantai ini yang menjadikannya tersohor hingga mencanegara adalah memiliki gelombang ombak yang lumayan tinggi sehingga ideal untuk berselancar.

Pantai Canggu mulai dilirik wisatawan terutama peselancar lokal maupun internasional yang ingin menjajal ombak pantai Canggu. Hal ini terbukti, pada 2004 pernah digelar Indonesia Surfing Championship (ISC) di pantai ini. Selain karena gelombangnya, tentunya keindahan panorama pantai juga menjadi alasan lain. Uniknya lagi, di seberang pesisir pantai dapat dinikmati pemandangan berupa hamparan sawah yang luas berikut sekelompok burung yang berterbangan di atasnya. Suasana pantai seperti ini tak banyak ditemukan dan tentunya memberi kesan tersendiri. Selain itu pada 30 Mei 2013, CNN (Cable News Network) menempatkan tiga pantai di Indonesia masuk di antara 100 pantai terbaik dari seluruh dunia dalam “World's 100 Best Beaches” . Nah, salah satu pantai tersebut adalah Pantai Canggu Bali yang menempati posisi ke-39. Jika anda berkunjung ke bali jangan lupa untuk mencoba surfing di pantai canggu.

Pantai ini jaraknya kurang lebih hanya beberapa kilometer dari legian, Jarak tempuh ke lokasi pantai ini lebih kurang 18 km dari kota Denpasar dan kira-kira 45 menit perjalanan bila menggunakan kendaraaan bermotor dari Bandara Ngurah Rai Bali.

Fasilitas yang ada di pantai Cangu sudah terbilang lengkap, seperti hotel, resort, villa, restauran dan cafe kini menjamur. Berikut adalah beberapa hotel berbintang di kawasan Canggu seperti, The Bali Dream Villa & Resort, Villa Sandy Canggu, The Oshan Villas Bali, Komea Villa, Andy's Surf Villa & Bungalows, United Colors of Bali, dll.

Pantai Padang-padang

padang padang beach bali
Bila Anda mencari suasana pantai yang tenang dan tidak gaduh, yang jauh dari hiruk pikuk dunia, yang memberikan kepada Anda tempat untuk menenangkan diri, maka berkunjunglah ke Pantai Padang-padang. Untuk mencapai Pantai Padang-padang tidaklah sulit. Pantai ini terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan. Letaknya tidak begitu jauh dari Pura Uluwatu, dan masih searah dengan jalur ke Pantai Dreamland. Yang unik dari pantai ini adalah pintu masuknya. Anda akan melewati sebuah pura kecil dahulu. Setelah itu, dari pura tersebut terdapat anak tangga yang menurun, menuju ke area pantai. Akan tetapi, anak tangga tersebut berada di sela-sela lorong tebing yang menyerupai gua. Lebarnyapun hanya cukup untuk satu orang, jadi harus satu per satu untuk melewati anak tangga tersebut. Setelah anak tangga berakhir, Anda akan menginjakkan kaki pada surga yang tersembunyi.

Pemandangan Pantai Padang-padang mirip dengan Pantai Dreamland, hanya saja lebih kecil dan lebih tenang suasananya. Selain pasir putih yang membentang, Anda juga disuguhkan pemandangan yang indah pula. Airnya berwarna hijau jernih dengan gulungan ombak yang indah, yang akan menggoda Anda untuk bermain air sejenak. Untuk pecinta olahraga selancar (surfing), Pantai Padang-padang adalah tempat yang tepat.

Disekitar pantai masih terdapat hutan yang terjaga keasriannya. Hutan ini berada di atas tebing yang mengungkung Pantai Padang-padang. Pantai ini memang di kelilingi oleh tebing nan megah serta karang-karang yang berada di sisi-sisi pantai. Sesekali Anda akan mendengar kicauan burung-burung dan teriakan monyet yang berlompatan dari pohon ke pohon, anda menikmati alam sembari merebahkan diri di pasirnya yang putih.

Sudah nonton film Eat, Pray, Love? Yang pernah nonton pasti ingat scene dimana Julia Robert berenang di pantai yang sepi. Nah pantai di film itu ialah pantai Padang-padang. Pantai ini jadi mulai terkenal setelah masuk dalam film yang ditayangkan secara internasional tersebut. Pengunjung yang datang kesini memang ada yang karena penasaran dengan pemandangan aslinya setelah melihat film tadi lalu ingin napak tilas jejak Julia Robert di pantai tersebut. Padang-padang juga cocok untuk para penikmat sunset, berjemur bermandikan sinar mentari dan menikmati seperti apa yang dinikmati Julia Robert.

Pantai Green Bowl - Keindahan Tersembunyi di Balik Tebing
Keindahan pantai yang satu ini pasti akan memberikan kesan yang lebih mendalam, karena di setiap sudutnya begitu indah dan memesona. Keindahan alam pantainya berbeda dan ketenangan suasana yang ditawarkan pantai ini membuat jatuh hati siapapun yang mengunjunginya. Pantainya juga masih alami cocok bila Anda ingin berlatih yoga atau meditasi dalam suasana alam yang damai. Di sini Anda bisa melakukan apa pun tanpa ada yang mengganggu, sebuah tempat indah yang tersembunyi untuk sejenak menjauh dari hiruk pikuk keramaian wisata Bali.

Pantai Green Bowl berada di wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Di sini liburan Anda akan lebih berkesan dan terasa eksklusif. Wisatawan mancanegara terutama peselancar menamakannya Pantai Green Bowl atau Pantai Bali Cliff, dan terkadang Hidden Beach. Disebut Green Bowl atau mangkuk hijau karena setiap air laut surut maka akan membentuk mangkuk dari karang-karang yang berwarna hijau saat Anda lihat dari atas bukit. Keindahannya begitu menawan hati dan mata.

Letaknya tersembunyi di balik tebing, memiliki pasir yang putih bersih dengan air laut sebening kristal berwarna hijau kebiruan. Untuk mencapai bibir pantainya, Anda harus menuruni ratusan anak tangga yang cukup curam. Meski pantai ini belum ada di guide book wisata ataupun paket perjalanan. Tidak banyak pengunjung yang datang ke sini, hanya para peselancar yang umumnya sangat mengenal tempat ini. Anda akan dapati mereka datang bergerombol membawa papan selancar menuruni ratusan anak tangga yang di sekililingnya adalah pepohonan dan sesekali muncul kera. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena pantai ini letaknya tidak jauh dari Denpasar ataupun Kuta. Ketiganya berada di Semenanjung Bukit, di antara Objek Wisata Garuda Wisnu Kencana dan Pura Uluwatu.

Begitu tiba di tempat parkir di atas tebing Anda akan langsung disajikan pemandangan pantai yang luas dan indah dengan ombak putih bergulung-gulung. Silahkan menuruni anak tangga untuk menuju bibir pantainya. Nikmatilah perjalanan menuruni ratusan anak tangga ini sambil menghirup udara segar dan hembusan angin pantai. Tiba di bawah maka sambutan kedua adalah hamparan pasir putihnya yang berukuran besar dan berbeda dari butiran pasir pantai lainnya di Bali. Pesona laut hijau kebiruan dan terpaan angin yang sejuk, awan putih yang berserakan di langit biru mempercantik pantai ini. Anda dapat menyaksikan peselancar yang asyik menari-nari di atas ombak, beberapa turis asing yang berenang, berjemur, ataupun snorkeling di pantai ini.

Berhati-hatilah saat menuruni ratusan anak tangga di tebih yang cukup curam di sisi kananya beberapa bagian palang pelindung sudah terlepas. Sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman secukupnya karena tidak ada satu pun penjual makanan di bibir pantai, kecuali di atas tebing tempat parkir.

Di pantai ini juga terdapat sebuah goa yang dihuni ratusan kelelawar. Pada siang hari, kelelawar tersebut tidur menggantung di bagian atap gua. Malam harinya, mereka terbang keluar untuk mencari makan. Seakan sudah terbiasa dengan kehadiran para pengunjung, mereka tetap tidur nyaman di dalam gua ini.

Pantai Nyang Nyang

wisata pantai pulau bali
Lokasi pantai ini letaknya tersembunyi di balik bukit dan untuk mencapainya dibutuhkan usaha ekstra sebab Anda perlu melewati jalur yang tidak mulus. Akan tetapi setelah tiba di sana, sebuah pantai yang masih alami tersaji nan elok berbalut panorama alam yang memesona, membuat Anda akan merasa beruntung telah menyambanginya. Pantai Nyang Nyang berada di Bali bagian Selatan, tepatnya di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Berjarak sekira 32 km dari Kota Denpasar atau sekira 1 jam perjalanan berkendara dari Bandara Ngurah Rai. Pantai Nyang Nyang serupa kondisinya dengan Pantai Karma Kandara dan Pantai Green Bowl. Ketiga pantai ini menawarkan kepada Anda tempat yang berbeda dengan suasana pantai yang tenang dan alami.

Pantai ini begitu sempurna untuk relaks karena belum banyak terjamah hiruk-pikuk industri parwisata yang marak di Pulau Bali. Pantai Nyang Nyang menawarkan keindahan pasirnya yang putih dan lembut siap menyambut kaki Anda yang kelelahan setelah menuruni anak tangga. Debur ombak serta gelombang laut yang dapat dikatakan sempurna bagi para peselancar adalah keindahan lain di pantai ini. Hal ini semakin lengkap dengan kesan lebih privasi yang akan Anda dapatkan di pantai yang memang terbilang sepi dan perawan di Bali Selatan ini. Pantai Nyang Nyang dapat dikatakan sebagai pantai yang terisolasi karena letak pantai yang tersembunyi dan akses jalan yang belum nyaman membuat wisatawan jarang berkunjung pantai ini.

Pantai Nyang Nyang lebih populer di kalangan wisatawan asing yang gemar berselancar. Pantai perawan nan alami dan cantik tersembunyi ini memang memiliki ombak yang cukup besar dan sangat ideal sebagai tempat berselancar. Karena karakteristik ombaknya yang besar, pantai ini menjadi pilihan lokasi kejuaraan selancar (surfing) tingkat nasional maupun internasional. Akan tetapi, perlu diingat bahwa pantai ini hanya untuk peselancar profesional dan tidak dianjurkan untuk pemula. Berjemur dan berenang di pantai ini adalah kegiatan menyenangkan lainnya yang dapat Anda lakukan selama di Pantai Nyang Nyang.

Sebaiknya Anda berkunjung ke Pantai Nyang-Nyang pada saat musim kemarau dengan menyewa kendaraan berbadan tinggi karena jalan menuju pantai ini berupa tanah dengan batu kapur tidak rata. Di musim hujan, jalan sangat licin dan dapat saja membuat slip kendaraan Anda. Bawalah bekal makanan dan minuman yang cukup saat mengunjungi Pantai Nyang Nyang yang masih perawan dan tersembunyi ini. Selain itu, siapkan pula stamina untuk menuruni dan menaiki ratusan anak tangga yang merupakan satu-satunya jalan menuju Pantai Nyang Nyang.

Pantai Nyang Nyang letaknya juga tak jauh dari Pura Uluwatu yang terkenal itu. Setelah lelah bermain di pantai ini, Anda dapat menyaksikan atraksi tari kecak yang tiap hari digelar di Pura Uluwatu saat Matahari tenggelam. Selain itu, pantai ini berada sejalur dengan destinasi wisata Bali Selatan lainnya, sebut saja Pantai Dreamland, Pantai Suluban (Blue Point), Graha Wisnu Kencana (GWK). Pantai Nyang Nyang juga berada tak jauh dari pantai-pantai andalan yang lebih ramai dan terkenal di kawasan Bali, yaitu Pantai Kuta, Sanur, dan Nusa Dua.

Di sini belum ada fasilitas hotel dan lainnya di sepanjang pantai. Akan tetapi, Pantai Nyang Nyang berada di kawasan yang berdekatan dengan destinasi wisata di Bali Selatan. Ada banyak akomodasi seperti restoran, hotel, penginapan dan villa di sekitar Pura Uluwatu. Apabila Anda ingin menemukan akomodasi yang lebih baik seperti hotel berbintang, cukup klik Cari Hotel.

Pantai Suluban : Keindahan Tersembunyi di Balik Batuan Karang
Bagi anda yang bosan berkunjung ke pantai yang landai dengan pesisir pantai yang luas dan datar? Nah, mungkin kali ini Anda perlu mengunjungi pantai yang berbeda, yaitu Pantai Suluban. Berada di Desa Pecatu yang terletak di ujung selatan Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini menawarkan eksotisme spektakuler sebuah pantai yang letaknya tersembunyi seolah terselip di balik batuan karang-karang raksasa. Garis Pantai Suluban memang tidak terlampau luas, Akan tetapi, keindahan panorama alam lautnya sungguh sangat memesona. Pantai yang berpasir putih ini memiliki gelombang ombak yang besar, cocok untuk berselancar. Suara gemuruh ombak memecah batuan karang  banyak terdapat di pantai ini akan menyambut Anda bahkan sebelum sampai di bibir pantai.

Pantai cantik nan eksotis ini juga dikenal dengan nama Blue Point yang terletak di antara Pantai Padang-padang dan Pura Uluwatu ini adalah suguhan lain dari wisata bahari di Bali yang sudah tenar hingga ke mancanegara. Kebanyakan wisatawan yang datang adalah wisatawan asing yang ingin berselancar dan menantang liuk ombak besar di Pantai Suluban. Hanya saja, mengingat banyaknya karang di dekat bibir pantai, peselancar harus berenang agak ke tengah untuk mendapatkan ombak yang besar dan sempurna. Perjalanan menuju Pantai Sulubah dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dari Denpasar ke arah selatan melalui kawasan wisata Kuta, Bandara Ngurah Rai dan Desa Jimbaran.

Kata suluban berasal dari bahasa Bali, yaitu menyulub yang artinya berjalan atau lewat di bawah sesuatu. Pemberian nama ini disesuaikan dengan ciri khas pantainya dimana untuk sampai di pesisir pantai berair jernih berwarna biru ini, Anda perlu menuruni anak tangga melewati lorong atau celah sempit di antara batuan karang raksasa. Beberapa karang bahkan serupa gua yang seolah menjadi pintu masuk ke pesisir pantai.

Apabila Anda enggan menuruni tangga untuk menuju pantai, keindahan pantai dapat dinikmati dari atas batuan karang dengan panorama langsung ke lautan lepas. Di sisi tebing-tebing yang tinggi dilengkapi fasilitas penunjang bagi wisatawan berupa gazebo sebagai tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang sungguh cantik dan memesona. Gazebo ini terletak di ketinggian sekira 20 meter dari garis pantai.  Dari gazebo, dapat dengan jelas terlihat atraksi para peselancar di lepas pantai. Ia juga merupakan tempat yang sering dijadikan spot pengambilan foto oleh fotografer dengan objek para peselancar atau pun kecantikan pantai yang tersembunyi di balik tebing dan batu karang ini.

Hotel yang berada dekat lokasi pantai ialah Blue Point Bay Villas and Spa

Pura Uluwatu

di pinggir tebing pura uluwatu
Pura Luhur Uluwatu atau Pura Uluwatu merupakan tempat wisata yang menawan, terletak di ujung selatan pulau Bali dan mengarah ke samudra Hindia, tepatnya berada di wilayah Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung. Pura ini berdiri kokoh di atas anjungan batu karang terjal dan tinggi yang menjorok ke arah laut dengan ketinggian sekitar 50 meter. Di depan pura terdapat hutan kecil yang disebut alas kekeran, berfungsi sebagai penyangga kesucian pura. Mengunjungi Pura Uluwatu paling baik adalah pada sore hari, sehingga Anda bisa menyaksikan matahari tenggelam dengan siluet Pura Uluwatu yang mengagumkan. 

Pura ini pada mulanya digunakan menjadi tempat memuja seorang pendeta suci dari abad ke-11 bernama Empu Kuturan. Ia menurunkan ajaran Desa Adat dengan segala aturannya. Pura ini juga dipakai untuk memuja pendeta suci berikutnya, yaitu Dang Hyang Nirartha, yang datang ke Bali di akhir tahun 1550 dan mengakhiri perjalanan sucinya dengan apa yang dinamakan Moksah atau Ngeluhur di tempat ini. Kata inilah yang menjadi asal nama Pura Luhur Uluwatu.

Pura Uluwatu mempunyai beberapa pura pesanakan, yaitu pura yang erat kaitannya dengan pura induk. Pura pesanakan itu yaitu Pura Bajurit, Pura Pererepan, Pura Kulat, Pura Dalem Selonding dan Pura Dalem Pangleburan. Masing-masing pura ini mempunyai kaitan erat dengan Pura Uluwatu, terutama pada hari-hari piodalan-nya. Piodalan di Pura Uluwatu, Pura Bajurit, Pura Pererepan dan Pura Kulat jatuh pada Selasa Kliwon Wuku Medangsia setiap 210 hari. Manifestasi Tuhan yang dipuja di Pura Uluwatu adalah Dewa Rudra.

Selain pemandangan sunset sebagai daya tarik dari tempat ini, ada juga pertunjukan seni yang sangat terkenal di Bali yaitu Tari Kecak. Tari Kecak telah menjadi daya tarik wisata dari tempat ini. Anda bisa menyaksikan tari Kecak yang diadakan secara teratur setiap hari pada jam-jam tertentu di pura Bali ini. Atraksi ini diadakan di sore hari sekitar jam 5 sore ketika matahari terbenam di pantai Bali dan pertunjukan berlangsung sekitar 1,5 sampai 2 jam. Pemandangan antara matahari terbenam dan suara penari Kecak akan memberikan sebuah pengalaman yang sangat menarik bagi Anda.

Pura Uluwatu juga menjadi terkenal karena tepat di bawahnya adalah pantai Pecatu yang sering kali digunakan sebagai tempat untuk olahraga selancar, bahkan even internasional seringkali diadakan di sini. Ombak pantai ini terkenal amat cocok untuk dijadikan tempat selancar selain keindahan alam Bali yang memang amat cantik.

Untuk bisa masuk kedalam pura ini Anda harus mengenakan sarung dan selempang yang bisa disewa ditempat itu. Ketika mengunjungi daerah ini, Anda di wajibkan harus berhati-hati karena terdapat sekelompok monyet liar. Seperti di monyet Sangeh atau monyet Ubud, jangan memakai aksesori yang terlalu mencolok, karena monyet-monyet liar tersebut suka ‘mengambil’ aksesoris dari para wisatawan seperti: kamera, tas dan kacamata. Jadi jaga baik-baik barang-barang bawaan Anda.

Hotel disekitar uluwatu seperti Alila Villas Uluwatu, Bulgari Hotels & Resorts, The Legian, The Dreamland Luxury Villas & Spa, Le Grande Bali, Blue Point Bay Villas & Spa, The Patra Bali Resort and Villas.

Pura Taman Ayun

wisata pura taman ayun bali
Pura Taman Ayun merupakan salah satu dari pura-pura terindah di Bali, terletak di Desa Mengwi, Badung sekitar 18 kilometer barat laut kota Denpasar dan . Dalam bahasa Bali, Taman Ayun berarti “taman yang indah”. Sebagai salah satu pura Bali yang dibuat oleh Kerajaan Mengwi kuno, Pura Taman Ayun ini juga dimaksudkan sebagai tempat wisata keluarga kerajaan, sehingga pada bagian dari pura Hindu ini sangat indah. Halaman pura ditata sedemikian indah dan dikelilingi kolam ikan yang dibangun tahun 1634 oleh Raja Mengwi saat itu I Gusti Agung Anom. Dihiasi oleh meru - meru yang menjulang tinggi dan megah diperuntukkan baik bagi leluhur kerajaan maupun bagi para Dewa yang bestana di Pura-pura lain di Bali.

Kompleks Pura dibagi menjadi 3 area yang berbeda, yang satu lebih tinggi dari yang lainnya. Masing-masing halaman dihubungkan oleh pintu gerbang. Halaman ke tiga merupakan halaman yang dianggap paling suci karena aktivitas persembahyangan selama upacara berlangsung dilakasanakan dan di halaman ini pula beberapa meru dan bangunan suci lainnya berada.

Area pertama disebut dengan “Nista Mandala” atau “Jaba Pisan“ yang bisa dicapai hanya dengan melewati satu-satunya jembatan kolam dan Pintu gerbang. Begitu masuk di sana ada tugu kecil untuk menjaga pintu masuk dan di sebelah kanannya terdapat bangunan luas (wantilan) dimana sering diadakan sabungan ayam saat ada upacara. Di halaman ini, juga terdapat tugu air mancur yang mengarah ke 9 arah mata angin. Sambil menuju ke halaman berikutnya, di sebelah kanan jalan terdapat sebuah komplek pura kecil dengan nama Pura Luhuring Purnama.

Area ke dua bernama “Madya Mandala” atau “Jaba Tengah“ , posisinya lebih tinggi dari halaman pertama untuk masuk ke halaman ini, pengunjung harus melewati pintu gerbang kedua. Begitu masuk, pandangan akan tertuju pada sebuah bangunan Aling-aling "Bale Pengubengan" yang dihiasi dengan relief menggambarkan "Dewata Nawa Sanga", (9 Dewa penjaga arah mata angin). Di sebelah timur halaman ini ada satu Pura kecil disebut Pura Dalem Bekak, sedangkan di pojok sebelah barat terdapat sebuah Balai Kulkul menjulang tinggi.

Area ke tiga atau halaman terakhir adalah yang tertinggi dan yang paling suci bernama “Utama Mandala” atau “Jero“. Pintu gelung yang paling tengah akan dibuka di saat ada upacara, tempat ke luar masuknya arca dan peralatan upacara lainnya. Sedangkan Gerbang yang di kiri kananya adalah untuk keluar masuk kegiatan sehari-hari di pura tersebut. Halaman ini terdapat beberapa meru menjulang tinggi dengan berbagai ukuran dan bentuk.

Tiga halaman dari Pura ini melambangkan tiga tingkat kosmologi dunia, dari yg paling bawah adalah tempat / dunianya manusia, ke tingkat yang lebih suci yaitu tempat bersemayamnya para dewata, serta yang terakhir melambangkan Sorga tempat berstananya Tuhan Yang Maha Esa. Seperti dikisahkan dalam cerita kuno Adhiparwa , keseluruhan kompleks pura menggambarkan Gunung Mahameru yang mengapung di tengah lautan susu.

Pura Taman Ayun ini pernah hancur karena gempa bumi hebat yang terjadi pada tahun 1917 dan tidak sempat dipugar hingga tahun 1950. Candi bentar dan tugu yang tingginya mencapai 16 meter di halaman bagian dalam Pura tersebut dibangun sesuai arsitektur Jawa, sedangkan candi yg kecil berupa tempat duduk dari batu berjumlah 64 buah merupakan tugu leluhur jaman megalitikum untuk mengenang para ksatria yang gugur dalam perang.

Beberapa hotel terbaik di dekat pura Hindu ini adalah Puri Taman Sari Hotel, Puri Tupai Hotel, dan Fivelements Puri Ahimsa Hotel.

GWK (Garuda Wisnu Kencana)

gwk cultural park bali
Kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) ini berlokasi di Bukit Ungasan - Jimbaran, Tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung Bali sekitar 40 km di sebelah selatan Denpasar dan bila dari pelabuhan Udara dapat ditempuh sekitar 15 menit. Dari Ubud Anda dapat mencapainya sekitar 1.5 jam dan sekitar 30 menit dari Kuta. Dimana saat ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi Landmark bagi pariwisata Bali dan Indonesia. Kompleks lapangan GWK sering dipakai sebagai tempat konser atau launching perusahaan di Bali. Di malam hari, kita bisa menikmati kerlap-kerlip lampu di bagian bawah seperti Jimbaran, Benoa dan juga Kuta.

Di areal taman budaya ini, direncanakan akan didirikan patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi Garuda. Patung GWK ini akan menjadi patung terbesar dan tertinggi di dunia, yaitu 126 meter dengan berat 3.000 ton dan itu mengalahkan Patung Liberty di Amerika Serikat yang memiliki ketinggian 93 meter serta diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot. Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia.

Patung  Garuda Wisnu Kencana tersebut merupakan sebuah karya masterpiece seniman Bali I Nyoman Nuarta. Patung tersebut berwujud Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu adalah Dewa Pelindung, mengendarai burung Garuda. Diambil dari cerita "Garuda & Kerajaannya" dimana rasa bhakti dan pengorbanan burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.

Dalam pengerjaannya, pembangunan Patung ini meleset dari target yang ditetapkan. GWK dibangun tahun 1997 dan direncanakan awal seluruh bagian patung ini akan selesai tahun 2005 namun proyek ini sempat terhenti terutama karena masalah pendanaan. Masih kurang sekitar 600 miliar untuk merampungkannya. Dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter maka Anda akan terperangah melihat ukuran kepala burung garuda yang benar-benar raksasa. Sulit membayangkan bentuk burung garuda ini nantinya secara keseluruhan, yang pasti akan sangat besar sekali. Ukuran tubuh orang dewasa aja masih kalah besar dibandingkan ukuran kuping dari burung garuda ini. Saat ini sebagian dari patung tersebut sudah bisa Anda lihat di lokasi dalam bentuk patung separuh badan dewa Wisnu dan bagian kepala burung garuda.

Bila kita mengunjungi tempat wisata lain seperti Dreamland (pecatu resorts) ataupun Uluwatu, kita akan melewati GWK terlebih dulu.

Beberapa hotel yang tersedia sekitar Garuda Wisnu Kencana adalah Pat Mase Villas Hotel, Gending Kedis Luxury Villas Hotel, Bali Baliku Luxury Villa, Udayana Kingfisher Eco Lodge, InterContinental Bali Resort, Nirmala Hotel and Resort, Jimbaran Puri Bali Hotel, Keraton Jimbaran Resort and Spa, Jamahal Private Resort and Spa, The Beverly Hills Bali Hote, The Dreamland Luxury Villas and Spa, Puri Bambu Hotel, Swiss-Belhotel Bay View Suites and Villas, Langon Bali Resort and Spa, New Kuta Condotel, The Hill Villas Hotel, Park View Heights Private Villas Hotel.

Nusa Dua

tempat wisata di bali
Kawasan wisata Nusa Dua terletak di paling selatan Pulau Bali, sebuah lokasi yang paling dini mendapat sinar pagi. Di sepanjang 4 kilometer pantainya yang berpasir putih ditumbuhi ratusan hektar pohon nyiur dengan hotel-hotel berbintang nan megah berfasilitas standar internasional. Nusa Dua telah banyak memberikan kontribusi pembangunan kepariwisataan di Bali, bahkan juga berimbas ke daerah-daerah disekitarnya, seperti Benoa dan Sawangan. Nusa Dua berjarak hanya 15 menit dari bandar udara Ngurah Rai Bali dan sekitar 40 km dari Denpasar.

Nusa Dua merupakan tempat yang sempurna untuk Anda beristirahat dan bersantai di bawah Matahari tropis. Suasana damai dan tenang untuk liburan Anda di Bali benar-benar terpenuhi di sini. Kawasan wisata Pantai Nusa Dua Bali juga dikenal sebagai kawasan wisata yang peduli pada lingkungan dan menjadikannya kawasan pertama di Asia Pasifik yang mendapatkan Green Globe, yaitu setifikat yang diberikan oleh Evaluator Evaluate Communicate Evolve bagi tempat wisata yang ramah lingkungan.

Pantainya indah dengan laut berwarna biru, hembusan anginnya sejuk, airnya bening dan tenang, pasirnya yang putih, serta pemandangannya yang sangat memesona. Karena letaknya di ujung Bali, pantai ini lebih sepi pengunjung bila dibandingkan dengan pantai lainnya yang ada di Bali. Hal ini menjadikan Pantai Nusa Dua terasa lebih private dan paling eksklusif di Bali.

Nusa Dua menjadi tempat wisata Bali yang terbilang lengkap karena di area ini terdapat semua hal yang dibutuhkan oleh sebuah tempat wisata, seperti pantai lengkap dengan olahraga airnya, restoran dan bar dengan menu yang lengkap dan bervariasi, pertokoan dan tidak ketinggalan fasilitas menginap atau hotel-hotel mewah yang sangat nyaman.

Untuk yang menyukai olahraga air, seperti Flying Fish, Banana Boat, Parasailing, Jet Sky, dll bisa anda jumpai di pantai Nusa Dua. Ada juga water blow atau semburan air yang terjadi ketika gelombang pasang menghantam terowongan batu karang sehingga menghempas air membentuk payung. Anda dapat berpetualang di sekitar pantai ini dengan menunggang unta menyusuri indahnya pasir Pantai Nusa Dua Bali. Untuk Anda yang menggemari olah raga golf di sini juga ada beberapa lapangan golf dengan 18 holes. Bali Golf dan Country Club adalah alternatif untuk kegiatan pegolf dan dalam beberapa menit dari hotel utama di Nusa Dua.

Nusa Dua memiliki Resort eksklusif dengan fitur hotel bintang empat sampai bintang lima baik dari lokal dan internasional. Hotel berbintang 5 berderet disepanjang pantai. Sebut saja Nusa Dua Beach Hotel, Inna Putri Bali, Ayodya Resort, Conrad Bali Resort, Grand Hyatt Bali, Melia Bali, Nikko Bali, Sheraton Laguna Nusa Dua, Club Med, The Westin Resort Nusa Dua, Swiss Grand Bali, Amannusa, Novotel Bali, adalah sebagian dari hotel-hotel besar di kawasan ini. Salah satu hotel yang memiliki kamar yang berdekatan dengan pantai adalah Aston Bali Resort.

Akomodasi di Nusa Dua tidak hanya sekedar untuk kalangan exclusif saja, tetapi tersedia juga berbagai pilihan akomodasi yang bisa anda sesuaikan dengan anggaran Anda. Berikut ini sejumlah hotel sebagai referensi pilihan Anda: Vila Sekar Nusa / Jasmine, Bali Gardenia Suite, Matahari Terbit Bali, Princess Hotel, Vila Bintang, Aston Bali Resort & Spa ,Pondok Wisata, Puri Tanjung , Sheraton Nusa Indah Resort, Taman Sari.

Pantai Nusa Dua

nusa dua beach bali
Pantai Nusa Dua menjadi panorama alam terbaik di Nusa Dua. Pemandangannya pantainya sangat indah dan memesona dengan laut berwarna biru, hembusan anginnya sejuk, airnya bening dan tenang, serta pasirnya yang putih. Pengunjung pantai ini lebih sepi bila dibandingkan dengan pantai lainnya di Bali. Hal ini justru menjadikan Pantai Nusa Dua terasa lebih private dan esklusif. Para wisatawan bisa lebih leluasa menikmati pantai dan berjalan-jalan di pantai yang tidak terlalu padat seperti di pantai Kuta. Pantai Nusa Dua sangat cocok untuk liburan keluarga, anda bisa bercamping bersama keluarga, sambil menikmati berbegai macam kuliner yang ditawarkan, dan anak-anak bisa bermain sepuasnya di pantai ini.

Pantai Nusa Dua memiliki panjang pesisir kurang lebih 5 km, dan merupakan halaman belakang dari hotel-hotel kelas dunia seperti Melia Bali Villas Spa Resort, Inna Putri Bali, Novotel Nusa Dua, dsb. Disepanjang pantai ini, pengunjung bisa menyaksikan 2 pemandangan sekaligus yang sangat cantik. Satu sisi merupakan pemandangan lepas pantai dan garis laut yang sangat indah, satu sisi lainnya pemandangan hotel-hotel megah yang berdiri berderet disepanjang pantai. Untuk bisa menginap disalah satu hotel yang ada diarea ini, setidaknya siapkan budget lebih untuk mewujudkannya.

Di pantai Nusa Dua atau Nusa Dua Beach Bali terdapat berbagai macam olahraga air. Anda dapat menikmati Fly Fish, Jet Sky, Banana Boat, Parasailing, atau hanya berenang di sepanjang pantai. Flying Fish yaitu sebuah petualangan yang menakjubkan dan mendebarkan untuk dua orang, didampingi oleh seorang instruktur untuk mengontrol penerbangan. Jet Sky adalah perahu motor berpenumpang 1 dan 2 orang yang dapat dipacu dengan cepat dan sangat menantang. Anda akan ditemani oleh seorang instruktur untuk memastikan perjalanan yang menyenangkan dan aman. Permainan ini bisa untuk orang dewasa dan juga anak-anak. Selain itu ada Parasailing yaitu Terbang tinggi di langit Bali dengan pandangan selatan pulau ini  dan benar-benar menakjubkan. Anak-anak bisa parasailing bersama-sama dengan instruktur yang telah berpengalaman. Khusus untuk parasailing, Anda akan dibimbing oleh instruktur yang membantu Anda mengendalikan parasut ketika berada di udara. Atau anda bisa mencoba Banana boat yaitu perjalanan sekitar 15 menit di banana boat hingga 6 orang. Permainan ini cocok untuk orang dewasa dan anak-anak.

Disepanjang pantai dibuat semacam jalan kecil bagi para pejalan kaki yang dibangun oleh pihak pengelola untuk memudahkan para pengunjung menyusuri pantai. Namun sepertinya pengunjung tidak sebebas seperti yang diinginkan, karena beberapa pihak hotel tidak suka ada pengunjung diluar tamu mereka yang berkeliaran disekitar kawasan pantai mereka.

Pantai Jimbaran

wisata pantai bali
Pantai Jimbaran atau Bali Jimbaran Bay adalah sebuah teluk yang sangat populer di Bali. Sama seperti pantai Kuta dan pantai Nusa Dua Bali, pantai Jimbaran juga memiliki pasir putih yang  menghampar di sepanjang pantainya. Pemandangan sunset yang memukau membuat pantai ini memiliki kesan yang romantis. Sebagai salah satu tujuan wisata pantai di Bali, Jimbaran juga sebagai tempat  yang nyaman untuk renang, rileks dan berjemur. Pantai Jimbaran berada di sebelah selatan pulau Bali dan bersebelahan dengan Pantai Kedonganan. Letaknya tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai, hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit dan Anda akan sampai pantai ini. Karena lokasinya yang dekat bandara, dari pantai Anda dapat melihat pesawat lepas landas atau mendarat.

Daya tarik lain dari Pantai Jimbaran yaitu kulinernya yang berupa makanan laut karena di tempat ini juga terdapat sebuah dermaga yang berfungsi untuk menyandarkan kapal bagi nelayan yang pulang melaut. Di Jimbaran ikannya selalu segar karena masih dalam keadaan hidup. Karena banyaknya jumlah nelayan dan pedagang ikan, Jimbaran juga merupakan pasar ikan utama di Kabupaten Badung. Oleh karena itu di pantai Jimbaran terdapat banyak rumah makan atau restoran yang menyajikan berbagai makanan laut (seafood) seperti ikan bakar dengan aroma dan rasa yang mengundang selera. Anda bisa menikmati makan malam yang romantis dengan seafood jimbaran yang merupakan menu khas daerah ini di restoran dan kafe yang berjajar di sepanjang pantai.

Di restoran tersebut kita dapat memilih sendiri makanan laut yang disukai seperti udang, cumi, lobster atau ikan. Setelah memesan makanan Anda bisa langsung menuju pantai untuk bersantai dan melihat pemandangan laut. Selagi menanti makanan disiapkan, kita bisa duduk-duduk diatas pasir putih yang lembut sambil menyaksikan indahnya matahari terbenam. Makanan yang disajikan dapat kita nikmati di meja yang tepat berada dipinggir pantai ditemani deburan ombak serta angin pantai yang menyegarkan sambil menikmati indahnya pesona sunset pantai Jimbaran. Tentu bagi para penggemar makanan laut ataupun bagi mereka yang senang menikmati suasana laut, Jimbaran merupakan tempat yang menyenangkan untuk berlibur.

Untuk akomodasi Jangan khawatir, di pantai Jimbaran banyak terdapat hotel dengan fasilitas lengkap dan standar internasional, juga spa, tempat belanja, dll. Hotel yang dekat dengan pantai seperti InterContinental Bali Resort, Four Seasons Resort, Karma Jimbaran Hotel.

Pantai Dreamland

wisata pulau bali
Pantai Dreamland adalah salah satu pantai terindah di Bali selain Pantai Kuta. Yang merupakan sebuah tempat pariwisata terkenal di Bali yang terletak di sebelah selatan Bali di daerah Pecatu, Uluwatu. Objek wisata Pantai Dreamland dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi, dan batu karang yang lumayan besar di sekitar pantai. Pasir putih dan celah karang yang terjal menjadi pemandangan yang begitu memikat mata untuk dipandang. Lokasi pantai ini berada di dalam kompleks Bali Pecatu Graha (Kuta Golf Link Resort) yang dapat ditempuh sekitar 30 menit dari pantai Kuta.  Anda akan menjumpai pantai ini dalam perjalanan menuju pura terkenal di Bali yaitu Pura Uluwatu.

Sama seperti kebanyakan objek wisata alam di Bali lainnya, kawasan objek wisata Dreamland sebagai salah satu objek wisata pantai Bali dengan alam yang mempesona, menawarkan panorama bahari yang cukup menarik. Di kawasan Dreamland tersebut, jumlah pengunjung yang datang tidak terlalu banyak seperti jumlah pengunjung di pantai Kuta. Jumlah pengunjung yang sedikit tersebut tentunya akan lebih menciptakan suasana ketenangan dan Anda bisa lebih leluasa menikmati suasana keindahan pantai yang menawan yang cocok untuk menikmati matahari tenggelam atau sekedar menyaksikan atraksi para peselancar.

Airnya pun tampak sebening Kristal, tekstur ombaknya yang lumayan bagus buat surfing, banyak wisatawan mancanegara untuk datang kesini. Sehingga pantai Dreamland juga dikenal sebagai kawasan pantai yang cukup favorit sebagai lokasi surfing, bahkan Dreamland sudah dijadikan semacam surfing spot baru untuk kawasan pulau Bali. Bagi Anda para pecinta surfing bisa mencoba ombak pantai kawasan objek wisata yang satu ini saat berlibur ke Bali .

Tempat ini juga memiliki karang yang luar biasa unik dan sering sekali digunakan untuk pemotretan prewedding, modeling atau bahkan untuk shooting film yang ditayangkan di Indonesia dan luar negeri. Karang ini juga yang menambah nuansa erotis dan romantis dari Pantai ini disamping sunsetnya. Siapapun bakal terpukau dengan keindahan dan eksotisme Pantai Dreamland ini.

Kawasan wisata Bali Pecatu Resorts merupakan kawasan wisata yang dirancang dengan berbagai kelengkapan fasilitas umum mewah seperti lapangan golf 18 hole, rumah sakit internasional, international schools, shopping mall serta berbagai fasilitas lainnya yang mendukung keperluan kawasan pariwisata.

Pantai Medewi

surfing beach bali
Salah satu pantai indah lainnya di pulau Bali adalah pantai Medewi, dengan lekuk pantai dan gulungan ombak besar yang sangat menawan. Pantai Medewi cocok untuk tempat surfing karena ombaknya yang panjang dan lama baru pecah, gelombang di Medewi bisa dimainkan oleh hampir semua tingkat keahlian peselancar. Dari sini kita juga dapat menikmati Sunset yang indah. Pantai Medewi terletak di Desa Medewi 24 Km timur kota Negara dan 72 Km dari Denpasar, dapat dicapai dengan segala jenis kendaraan.

Selain cocok untuk surfing, anda bisa juga menikmati pesona keindahan alamnya dengan berjemur dipinggiran pantai sambil menunggu pergantian hari melihat sunsetnya. Bila ingin berenang sebaiknya anda lebih berhati-hati karena ombaknya besar dan agresif. Suasana di pantai ini lebih tenang, jauh dari hingar binger kebisingan tidak seperti pantai Kuta yang terlalu ramai suasananya.

Walaupun kawasan pantai ini tidak seramai pantai Kuta dan Sanur, fasilitas yang ada disini sudah cukup     memadai. Jika ingin menginap, anda bisa menemukan berbagai tempat penginapan di sekitar pantai Medewi ini. Fasilitas yang dimiliki Hotel cukup representatif bagi wisatawan, dilengkapi dengan kolam renang dan Retauran yang ditata dengan nuansa artistik khas Bali di area hotel.

Pantai Ungasan, Keindahan Tersembunyi di Pulau Bali

pantai tenang ungasan bali
Keindahan pantai Ungasan sangat menakjubkan, bahkan anda mungkin tidak akan percaya bila ada pantai seperti ini di Bali bila datang ke tempat wisata pantai yang satu ini. Laut biru dengan air yang jernih dan pasir yang putih bersih menjadikan pantai ini demikian memesona di balik bukit dan tebing karang. Pantai Ungasan adalah salah satu pantai di Bali yang letaknya bisa dikatakan tersembunyi seperti pantai Suluban misalnya, namun memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pantai lain di Bali. Bila anda ingin menikmati wisata eksklusif yang romantis dan tidak terlalu ramai dengan turis, pantai Ungasan adalah pilihan yang tepat.

Letak pantai Ungasan berada di wilawah selatan pulau Bali, Ungasan merupakan nama dari sebuah desa yang berada di jalan utama daerah Uluwatu. Berbeda dengan pantai lainnya di Bali, anda akan dimanjakan dengan suasana yang tenang dan nyaman. Jika anda ingin berenang, tunggulah hingga air pantai surut, biasanya menjelang siang air pantai akan surut dan anda bisa bermain-main ke bagian tengah pantai.

Bagi anda yang ingin menikmati suasana romantis dan sunset di pantai ini, di Ungasan juga terdapat beberapa fasilitas  akomodasi penginapan. Hotel yang berada di dekat pantai diantaranya The Beverly Hills Bali atau Hotel dikawasan Uluwatu seperti Mamo Hotel Uluwatu dan Bvlgari Resort yang merupakan hotel dan resort mewah terkenal diseluruh dunia. Di pantai ini juga berdiri Nammos Beach Club, sebuah klub yang cukup terkenal di pulau ini. Untuk masuk ke club ini anda dikenakan tiket masuk yang cukup mahal yang bisa digunakan seluruhnya untuk membeli makanan dan minuman, namun harga ini sebanding dengan panorama alam yang indah.

Pantai Bingin

surfing beach bali island
Pantai indah lainnya di Bali dan baru mulai dikenal wisatawan secara luas ialah pantai Bingin. Akses jalan untuk mencapai pantai ini cukup sulit, terjal dan berliku. Namun karena keindahan pantainya, ombak yang tinggi dan batu karangnya, akhirnya lambat laun pantai inipun mulai banyak dibicarakan para wisatawan. Sehingga makin banyak wisatawan lokal maupun asing yang tertarik datang ke Pantai Bingin ini.

Pantai Bingin berjarak sekitar 32 Km dari Kota Denpasar, berada di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Ombak di pantai ini sangat bagus untuk surfing, selain surfing olahraga air yang bisa dilakukan disini adalah snorkeling atau berenang karena dasar pantainya cukup dangkal sehingga bisa dengan mudah mencapai kedalaman lautnya. Yang perlu Anda perhatikan ialah mengingat lokasi pantai yang lumayan jauh jaraknya dari tempat parkir maka bawalah barang yang tidak terlalu berat dan juga jangan lupa barang-barang penting Anda.

Suasana di pantai ini cukup tenang karena memang relatif jarang dikunjungi banyak orang, tempatnya masih alami dan jauh dari gangguan tangan-tangan usil manusia. Banyak orang yang menyebut ombak di Pantai Bingin ini bertipe regional classic dimana ketinggiannya bisa mencapai 5-8 meter. Tentunya ombak yang tinggi akan menjadi tantangan tersendiri bagi para surfer. Maka itu mayoritas pengunjung pantai Bingin adalah bule-bule yang gila surfing. Namun tetap dibutuhkan kewaspadaan yang ekstra pada saat surfing mengingat di pantai ini memiliki banyak batu karang dan bertipe dangkal sehingga kalau tak hati-hati bisa saja mencelakai para peselancar.

Pantai Karma Kandara - Tenang Dan Romantis

karma kandara beach bali indonesia
Satu lagi pantai di pulau Bali memiliki pemandangan alam yang alami, sangat indah, suasana yang romantis dan menakjubkan. Letaknya agak tersembunyi dibalik tebing, memiliki pasir yang lembut dan putih sehingga bagus untuk berenang dan bersantai. Suasana pantainya masih begitu tenang, sepi dan lengang sehingga sangat pantas untuk menjadi lokasi bulan madu bagai Anda yang baru saja menikah. Untuk menikmati semua pesona dan keindahan alam ini maka anda harus berkunjung ke pantai Karma Kandara.

Selain itu, di pantai Karma Kandara warna airnya juga begitu bening yang menandakan bahwa belum banyak limbah mencemarinya. Masih belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaannya. Jadi bisa dikatakan Pantai Karma Kandara masih perawan, alias masih “suci” dan belum terjamah banyak manusia. Makanya tak heran lingkungannya pun begitu alami dan asri. Di pantai ini kita bisa melakukan Berbagai kegiatan seperti snorkeling, selancar, berenang, berjemur dan bersantai.

Lokasi pantai Karma Kandara sangat mudah untuk dituju. Pantai ini berada di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, dan masuk di wilayah Kabupaten Badung. Kira-kira 27 km dari kota Denpasar dan lebih kurang 30 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai bila menggunakan kendaraan bermotor. Untuk memasuki area pantai terlebih dahulu berjalan kaki melewati lorong sempit diantara tembok pagar pura dan hotel hingga sampai di bibir tebing yang tingginya kira-kira 150 meter. Dari sini maka akan terlihat panorama pantai Karma Kandara yang eksotis, lalu untuk mencapai pantai kita akan menuruni sekitar 340 anak tangga yang berkelok-kelok. untuk gampang mengingatnya, pantai ini  dinamakan pantai Karma Kandara karena kebetulan lokasi pantai ini berada di bawah hotel Karma Kandara.

Hotel Karma Kandara memiliki view yang sempurna untuk menikmati indahnya pemandangan pantai ini, yang bisa di lihat dari kolam-kolam dan teras yang dirancang sedemikian rupa di sisi tebing dan menghadap ke pantai. Sambil brendam kita akan menyaksikan panorama alam pantai yang sangat menakjubkan. Pantai Karma Kandara bahkan sudah terkenal hingga Hollywood. Bintang film Hollywood Lindsay Lohan juga pernah menginap di Karma Kandara Resort. Karena itu, ada juga yang menyebut pantai ini dengan nama pantai Lilo, yang merupakan singkatan dari Lindsay Lohan.

Pantai Geger Sawangan – Nusa Dua

wisata pantai pulau bali
Pulau Bali sangat banyak memiliki objek wisata pantai, yang sangat terkenal dan ramai di kunjungi ialah pantai Kuta. Namun ternyata di Bali juga banyak pantai-pantai tersembunyi yang belum banyak diketahui orang sehingga suasanaya lebih tenang, private, dengan pesona alam yang luar biasa indahnya. Pantai Geger Sawangan termasuk dalam kategori ini, pantai lainnya ialah pantai Suluban, pantai Ungasan, pantai Karma Kandara, pantai Bingin, dan masih banyak pantai tersembunyi lainnya yang belum tereksplorasi. Mungkin bila anda berlibur ke Bali, anda akan menemukan pantai tersembunyi itu, mengasikkan bukan?

Pantai Geger Sawangan terletak di selatan bali tepat di depan Hotel Nikko Bali, Nusa Dua. Dari kota Denpasar menuju pantai ini berjarak sekitar 23 km dan sekitar 20 dari Bandara Ngurah Rai menit bila menggunakan kendaraan bermotor, atau sekitar 3 kilometer di sebelah selatan Bali Tourism Development Center (BTDC) Nusa Dua. Walaupun tempatnya agak tersembunyi, anda tidak perlu khawatir karena pesona pantai ini tidak kalah menariknya dengan pantai lainnya di bali.

Pantai ini memiliki pasir pantai berwarna putih, merupakan salah satu pantai sunrise sama seperti pantai Sanur, wisatawan bisa menikmati keindahan matahari terbit yang luar biasa. Pantai ini juga sebagai tujuan para surfers, para perselancar. Pantai geger memiliki ombak yang sangat baik untuk berselancar, bagian tengah laut memiliki ombak yang lumayan bisa memacu andrenalin para surfer. Suasananya yang tenang dan nyaman juga sesuai bagi para wisatawan yang ingin melakukan kegiatan berenang, berjemur, atau memancing.

Mata pencarian masyarakat setempat adalah sebagai petani rumput laut, sehingga tak heran jika di beberapa lokasi pantai Geger Sawangan banyak yang berfungsi sebagai tempat untuk budidaya rumput laut dan pengolahan rumput laut.  Rumput laut atau seaweed yang dibudidayakan oleh masyarakat sekitar pantai ini bisa dilihat oleh pengunjung, wisatawan bisa melihat proses pengeringan rumput yang baru di panen.

Disamping itu pantai ini memiliki hal yang unik, yaitu hiburan atau atraksi wisata menaiki unta atau Camel Safari. Unta digunakan sebagai sarana untuk mengelilingi pantai, ada beberapa rute yang sudah ditentukan oleh pengelola. Camel safari ini akan menempuh rute wisata kurang lebih 1 jam perjalanan. Pasti akan menjadi pengalaman yang menarik untuk para wisatawan. Di pantai Geger Sawangan juga menawarkan fasilitas yang hampir sama dengan pantai yang lain, seperti tukang pijat, penjual makanan, penjual souvernir dan beberapa jasa lainnya. Selain itu, pengunjung bisa menikmati kuliner seafood yang terdapat di restoran di pinggir pantai .

Hotel di sekitar Pantai Geger Sawangan diantaranya seperti Hotel Nikko Bali, Hotel Santika Siligita, Ayodya Resort Bali, Swiss-Belhotel Segara.

Tanjung Benoa

tanjung benoa water sport bali
Tanjung Benoa terletak di sepanjang pantai yang landai dengan pasirnya yang putih bersih dengan suasana yang tenang merupakan tempat yang menyenangkan dan sesuai untuk melakukan aneka ragam olah raga dan rekreasi air. Hal ini menjadikan Tanjung Benoa sebagai pusat wisata watersport di pulau Bali. Pantai Tanjung Benoa berada di ujung tenggara pulau Bali dan bertetanggaan dengan kawasan Nusa Dua. Dapat ditempuh dalam 35 menit dari Kuta, 40 menit dari Sanur dan 20 menit dari Airport Ngurah Rai.

Wisata watersport atau olahraga air favorit yang dilakukan di pantai Tanjung Benoa seperti jetski, parasailing, banana boat, scuba diving, snorkeling , berlayar, berselancar, Flying Fish, dan berbagia kegiatan menarik lainnya. Atraksi ini menawarkan petualangan yang berbeda-beda dengan berbagai sensasi ketegangan yang mampu memacu adrenalin, anda bisa memilih mana yang lebih sesuai dengan kondisi anda.

Anda bisa mencoba Banana Boat misalnya, sejenis perahu karet tanpa mesin yang berbentuk seperti pisang berpenumpang 4-6 orang yang bisa melaju kencang dengan ditarik oleh perahu bermesin(boat). Ada Parasailing, yaitu permainan olah raga air yang menggunakan payung parasut besar ditarik oleh speed boat sekeliling pantai Tanjung Benoa. Lama permainan ini satu putaran kurang lebih 4 menit di udara,dengan ketinggian kira kira 80 meter. Atau Jetski, yaitu olah raga air yang menggunakan kendaraan yang didesain khusus untuk dapat melaju dengan kecepatan tinggi, dinaiki oleh satu atau dua orang. Bagi pemula bisanya permainan ini tidak bisa di lakukan sendiri, harus didampingi oleh pemandu/instruktur untuk menghindari tabrakan. Petualangan pantai seru lainnya yaitu Seawalker, yaitu  berjalan di dasar laut dengan menggunakan helm yang kedap air. Sebuah petualang yang fantastis, yang mana wisata bawah laut ini kita bisa melihat dan beriteraksi langsung dengan ikan-ikan dan manyaksikan kehidupan bawah laut yang indah.

Ingin melihat pemandangan bawah laut tanpa harus menyelam? Bisa juga dilakukan di sini dengan menggunakan glassbottom boat, yaitu sebuah perahu yang di desain khusus pada bagian dasarnya dengan bahan kaca, sehingga pemandangan laut dibawahnya akan jelas terlihat. Selain itu kita bisa berkunjung ke Turtle Island (pulau penyu) yang berada tidak jauh dari Tanjung Benoa, ditempuh kurang lebih 20-30 menit dengan menggunakan perahu yang bisa disewa. Pulau Penyu merupakan tempat penangkaran berbagai spesies penyu yang hampir punah dan dilindungi.

Sebagai bagian dari kawasan Nusa Dua, Anda juga dapat menemukan banyak akomodasi dan fasilitas lainnya dekat pelabuhan Benoa seperti hotel, restoran. Beberapa hotel berbintang lima dengan fasilitasnya yang megah terbaik yaitu Novotel Bali Benoa, Melia Benoa Bali.

Pantai Labuan Sait

pantai menawan pulau bali
Pantai Labuan Sait sama seperti kebanyakan pantai di pulau Bali, berpasir putih dan bersih sehingga sangat cocok untuk rekreasi, santai dan berjemur, berenang, memancing sambil menikmati matahari terbenam, juga sangat bagus untuk berselancar(surfing). Pantai ini memiliki jajaran tebing karang tinggi memanjang bak tembok yang memagari pantai dan juga keindahan alam yang luar biasa. Dari puncak tebing, pengunjung bisa menikmati pemandangan Samudra Indonesia. Pantai Labuan Sait adalah salah satu alternatif wisata di pulau dewata Bali yang sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara dan tentunya bisa anda kunjungi bersama keluarga, mencari ketenangan menikmati suasana pantai yang nyaman.

Lokasi pantai Labuan Sait terletak disebelah utara Pura Uluwatu tepatnya di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Bisa ditempuh dalam waktu 45 menit dari Kota Denpasar atau dari bandara Ngurah Rai Bali jaraknya kurang lebih 70 menit perjalanan menggunakan kendaaraan bermotor. Untuk mencapai pesisir pantai yang terletak diantara perbukitan batu karang ini, pengunjung harus berjalan kaki melalui lorong batu karang kira-kira sepanjang 8 meter. Di pantai ini tersedia areal parkir yang cukup, kios cendera mata, kamar mandi/WC dan warung makan.

Selain untuk tempat rekreasi pantai ini juga dipergunakan untuk tempat melasti (pensucian) perlengkapan upacara keagamaan. Dahulunya pantai Labuan Sait merupakan pelabuhan niaga dan pemberangkatan serta pendaratan bagi kapal perang kerajaan-kerajaan di Bali Selatan. Pantai Sait terletak di antara pantai Padang-Padang dan pantai Bingin. Nelayan setempat menyewakan perahu bagi pengunjung yang ingin berkeliling melihat keindahan alam pantai lainnya, menyusuri pantai Suluban hingga pantai Dreamland.

Pantai ini menawarkan sensasi lain yang memikat para wisatawan yang gemar berselancar yaitu karakter ombaknya yang menjulang tinggi . Letak geografisnya yang menghadap laut lepas membuat angin berembus kencang yang menciptakan gelombang ombak menggulung yang menantang para peselancar untuk menaklukkannya. Bulan Juni hingga Agustus adalah saat yang tepat bila ingin mendapatkan gelombang ombak tinggi yang disukai peselancar mengadu nyali di atas papan selancar meluncur cepat dalam relung ombak yang bergulung. Pada bulan-bulan dimana ombak mencapai puncak tertinggi seperti ini, sebaiknya hanya peselancar berpengalaman yang boleh berselancar. Sedangkan peselancar pemula lebih baik memilih waktu lain, di luar bulan Juni-Agustus ombak lebih tenang dan stabil untuk berlatih selancar.

Menurut masyarakat setempat yang masih melekat dalam ingatan mereka adalah peristiwa pada tahun 1996. Saat itu ada rombongan orang termasuk orang asing(bule) tampak sibuk menyiapkan kamera serta perangkat pengambilan gambar. Adegan pengambilan video tertuju pada para pria bule tersebut. Beberapa adegan sorotan kamera diarahkan ke pria yang tampak bersepeda menyusuri pantai. Belakangan, baru diketahui bahwa lelaki itu adalah Jascha Richter, vokalis grup band asal Denmark , Michael Learns to Rock. Rupanya pemandangan itu adalah pembuatan klip video lagu Some Day untuk album bertajuk Paint My Love yang beredar pada 1999. Sejak itulah pantai Labuan Sait menjadi terkenal.

Fasilitas akomodasi, kafe, restoran, banyak tersedia di sekitar lokasi dengan harga yang cukup bervariasi. Wisatawan yang berkantong tebal bisa memilih penginapan yang menawarkan kemewahan dan privasi tinggi. Alternatif penginapan lainnya seperti The Sunset Bali Hotel, Medori Putih Homestay, Mamo Hotel Uluwatu, Lorin New Kuta Hotel, Uluwatu Cottages.

Pantai Kedonganan

tempat wisata di pulau bali
Pariwisata pantai Bali identik dengan Kuta, Jimbaran, Legian, Seminyak atau Nusa Dua yang kesemuanya terletak di Kabupaten Badung yang merupakan daerah yang memiliki wisata pantai terbanyak di Jimbaran Bali. Namun ternyata selain itu juga ada pantai-pantai lain yang memiliki keindahan dan daya tarik yang tak kalah eksotisnya dan layak untuk dikunjungi. Salah satunya adalah pantai Kedonganan yang memiliki panjang pantai sekitar 3 km.

Pantai kedonganan letaknya tak jauh dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Bali, yakni sekitar 3 km, atau sekitar 16 km arah barat daya Kota Denpasar. Anda yang berkunjung ke pantai ini akan diajak untuk menikmati dan bercengkrama dengan pasirnya yang putih bersih, gelombang yang tenang, suasana tersebut tentu sangat pas untuk bersantai, berenang, maupun berjemur. Pengunjung bisa menyewa jukung-jukung/perahu milik nelayan untuk mengelilingi Kedonganan yang begitu indah berbentuk sabit. Di tepi pantainya, banyak sekali dijumpai kafe-kafe yang siap menyambut Anda dengan aneka masakan dan makanan favorit pantai.

Arel pantai ini di sisi kiri bagian belakang Hotel Intercontinental dan sisi kanan bagian depan Four Season dengan deretan kamar yang mengikuti geografi bukit dengan kerlap-kerlip lampunya, dikelola atas persetujuan desa adat setempat. Sementara di sisi kanan bagian belakang Intercontinental hingga pasar ikan Kedonganan sepanjang 2 km adalah ruang atau pantai publik yang terbuka seperti halnya pantai Kuta. Pemandangan di sekitar pantai akan semakin eksoktik saat matahari mulai tenggelam, dan tampak pesawat yang terbang dan mendarat dari landasan bandara Ngurah Rai.

Beberapa hotel yang berada dekat pantai ialah Sari Segara Resort & Spa, Hotel Puri Bambu, Hotel Kemala.

Pulau Penyu

Setelah menikmati tantangan watersport pantai tanjung benoa. Tempat wisata lain yang bisa anda kunjungi berikutnya ialah Pulau Penyu. Anda bisa sampe di pulau penyu dengan cara menyewa perahu dengan biaya sewa kurang lebih Rp. 50.000 per orang, pulau penyu ini berjarak kurang lebih 20-30 menit perjalanan, pengunjung bisa melihat tempat penangkaran berbagai spesies penyu yang hampir punah. Penangkaran ini sendiri bernama Pudut Sari.
Sedangkan pulau penyu adalah pusat budidaya penyu untuk kepentingan mencegah kepunahan di sebuah hutan bakau. Wisata ini sangat cocok untuk keluarga terutama anak-anak.

Turtle Island alias pulau Penyu merupakan tempat penangkaran sekaligus pelestarian penyu. Penyu adalah hewan yang langka dan sangat dilindungi. Dulu penyu banyak dipakai untuk sarana upacara umat Hindu dan juga dikonsumsi, tapi kini tidak lagi, karena binatang kecil nan lucu ini sudah termasuk dalam hewan yang dilindungi. Karena dari ribuan ekor yang dilepas ke laut, hanya ada 1 atau 2 yang akhirnya bisa bertahan hidup menjadi dewasa. Satwa tersebut sengaja dibiarkan berkembang biak secara alami. Anak penyu itu dilepas ke laut setelah dirasa cukup kuat berenang dan bisa bertahan hidup. Sementara induknya tidak di lepas dan tetap di penangkaran agar bisa menghasilkan bibit penyu lainnya. Di pulau ini tidak hanya ada penyu tetapi juga dapat dijumpai ular, monyet, burung dan hewan jinak lain yang. Kita bisa foto-foto gratis dengan penyu besar, burung elang, ular, kelelawar dan beberapa hewan reptil.

Saat berada di pulau Penyu wisatawan juga dapat menikmati keindahan bawah lautnya, dengan menyewa perahu yang telah di modifikasi untuk wisata bawah laut yang dimodifikasi sedemikian rupa dengan bagian dasar tengah perahu dipasangi kaca sehingga dasar laut yang dangkal terlihat jelas. Berbagai ikan-ikan air laut yang beraneka ragam warna akan dibawahnya. Agar ikan-ikan mau mendekat, pengemudi kapal menebarkan roti tawar kelaut sebagai pancingan kemudian tak bearpa lama ikan-ikan itupun akan datang mendekati perahu.

Tur Mangrove Benoa

wisata alam pulau bali
Wisata lain yang menarik di pulau Bali adalah berwisata ke hutan mangrove atau bakau. Hutan bakau ini dapat kita kelilingi melalui jalan setapak yang terbuat dari kayu berupa jembatan yang melintasi daratan dan perairan disekitar lingkungan hutan mangrove. Hutan ini terletak di dekat Pelabuhan Benoa di Suwung Kau, sekitar 21 km ke selatan Denpasar, dekat bandara Internasional Ngurah Rai, yakni di tepi Jl. Bypass jalan utama yang menghubungkan titik-titik pusat wisata antara pantai Kuta, Legian, Nusa Dua, Jimbaran sampai ke Uluwatu.

Hutan Mangrove Bali ini termasuk taman Hutan Raya Ngurah Rai berbatasan dengan Kabupaten badung. Objek wisata ini luasnya 1300 Ha ini adalah hasil kerjasama pemerintah dengan Japan International Coorperation Agency. Konsep wisata ini terbilang bagus dantaranya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat luas khususnya para pengunjung kawasan Hutan Bakau ini untuk lebih mengenal dan mencintai lingkungan dengan menjaganya dalam upaya melestarikan alam.

Hutan mangrove atau Pusat Informasi Mangrove(Mangrove Information Center) ini telah dibuka sejak tahun 2003, ditujukan bagi studi dan pelestarian kawasan mangrove. Mencakup wilayah sekitar 200 hektar, di kawasan ini terdapat persemaian seluas 7.700 m². Terdapat Jalan kecil sepanjang lebih dari 2 km yang terbuat dari kayu untuk observasi dan eksplorasi menyusuri hijaunya hutan bakau yang asri, menembus lorong-lorong bakau yang rimbun sambil menyaksikan berbagai spesies burung yang menjadikan mangrove sebagai habitatnya. Ketika menyusuri jembatan kayu , anda perlu berhati-hati karena ada beberapa spot yang kayunya agak sedikit rapuh.

Mangrove memiliki peranan penting dalam lingkaran kehidupan laut dan rantai makanan karena mangrove menjadi daerah perkembangbiakan bagi makhluk hidup di laut yang sangat penting bagi biota laut. Disamping itu, mangrove juga berguna sebagai zona penahan dan pertahanan daerah pesisir pantai dari terjangan ombak laut agar tidak terjadi abrasi pantai.

Di bagian tengah hutan mangrove terdapat gardu pandang yang cukup tinggi terbuat dari kayu berbentuk rumah panggung kecil, anda boleh naik keatasnya. Dari sini anda bisa menikmati pesona indahnya rimbunan pepohonan kawasan Hutan Mangrove secara keseluruhan sambil mengabadikannya melalui lensa kamera anda, tentunya ini merupakan objek fotografi yang menarik khususnya bagi pecinta fotografi. Anda akan terlena dengan pemandangan hijau menghampar asri di depan anda yang melambai oleh tiupan angin laut yang menyegarkan. Waktu terbaik untuk mengunjungi hutan-hutan mangrove ini adalah pada pagi atau di siang hari.

Hutan mangrove ini juga sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan foto pre wedding bagi para calon pengantin, yang disediakan oleh agensi fotografi setempat. Di harapkan kedepannya kawasan hutan Mangrove ini bisa berfungsi lebih maksimal lagi, dan dibutuhkan konsentrasi pemerintah setempat juga partisipasi masyarakat luas, para wisatawan, maupun pihak terkait lainnya untuk tidak sekedar menjadi penikmat namun juga ikut andil dalam merawat atau menjaga lingkungannya. Setidaknya dapat dimulai dengan hal kecil seperti tidak mengotori, merusak, mencorat-coret ataupun membuang sampah di kawasan ini supaya kawasan Hutan mangrove ini bisa tetap eksis dan memberikan manfaat bagi biota laut dan kehidupan manusia.

Objek wisata Hutan Mangrove Bali semakin naik pamornya setelah mendapat kunjungan dari pemain bola kelas dunia beberapa waktu lalu, Christiano Ronaldo, jika anda penasaran jangan lupa masukkan dalam agenda liburan anda ke Bali untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini.